Jangan Salah Membedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis

Salah satu cara untuk membuat tampilan interior semakin menarik dengan menggunakan bahan kulit untuk melapis jok. Hanya saja untuk mengganti jok kulit, pemilik mobil harus cermat, dan jangan sampai tertukar antara kulit asli dengan sintetis.

Pemilik Generous Car Leather Seat, Fany Darmawan, menjelaskan konsumen bisa membedakan bahan kulit asli dengan sintetis. Bahkan konsumen bisa merasakan secara langsung untuk membedakan kulit asli dengan sintetis. "Membedakan jok kulit yang asli dan sintetis tidaklah sulit. Ada beberapa perbedaan yang bisa langsung dilihat," ujar Pemilik Generous Car Leather Seat, Fany Darmawan,

Jok Kulit Asli dan Sintetis




Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memeriksa keaslian kulit jok dengan cara mencium bau kulitnya. Biasanya kulit asli memiliki bau lebih amis, sedangkan kulit sintetis akan tercium bau karet.

Selain itu, konsumen bisa menggunakan indera peraba untuk membedakannya. Saat diraba, bahan kulit asli memiliki tekstur yang lebih kasar ketimbang kulit sintetis.

Seiring dengan berjalannya waktu, kulit asli yang sudah lama digunakan tidak mudah pecah dan mengelupas. Berbeda dengan kulit sintetis yang mudah pecah permukaan dan mengelupas jika sudah lama digunakan.

"Dari sisi kenyamanan, jok kulit asli lebih menyerap keringat. Sedang kulit sintetis tidak menyerap keringat sehingga mengganggu kenyaman berkendara," terang Fany.


Membahas Perawatan Jok Kulit

Ketika sudah mengganti jok dengan kulit, maka perlu juga perawatan yang tepat. Jangan sampai kulit jok rusak karena salah perawatan.

"Jok berlapis kulit asli harus memakai obat khusus. Obat ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit lebih lentur," papar perwakilan Padi Leather Seat, Dedi, kepada tim medcom.id beberapa waktu lalu.

Disebutkan bila melakukan perawatan secara sembarangan akan merusak karena kulit akan menyerap air. Lama kelamaan kulit bisa kering, kaku, dan akhirnya retak.

Lapisan jok kulit yang retak ternyata masih bisa diperbaiki, dengan cara menyemprotkan cat khusus untuk menutupi keretakannya. Tapi tetap saja lapisan kulitnya sudah tak sempurna lagi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jangan Salah Membedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis"

Post a Comment