Proyek Piringan Hitam Tak Bersuara



Piringan hitam atau vinyl dikenal mampu menyajikan kualitas audio yang baik. Bahkan kerap disebut sebagai salah satu format rilisan fisik terbaik yang pernah dibuat manusia.

Alih-alih mampu menghadirkan suara yang berkualitas, seorang penikmat musik justru merilis piringan hitam tak bersuara apapun.

Proyek aneh itu dinamai Silent Meditation dan digagas melalui situs urunan dana Kickstarter.com.

Eric Antonow, orang di balik proyek ini, menceritakan bahwa idenya datang ketika putranya membeli pemutar piringan hitam untuk Natal. Eric bersama anaknya lantas berburu piringan hitam bekas dan menemukan sebuah album berjudul The Art of Meditation, yang dirilis pada era 1970-an. Sampul album itu memukau, dengan visual yang membuat pikiran mengawang-awang.

Album itu ternyata berisi sebuah narasi tentang manfaat baik meditasi berikut penjelasan langkah-langkah meditasi yang baik.

Eric lantas merenungkan konsep meditasi itu dan tercetus sebuah ide; keheningan.

Dia berpikir membuat sebuah rilisan yang tidak mengeluarkan suara apapun.

Rencananya, keheningan itu akan dicetak dalam piringan hitam berukuran 12 inci dengan durasi putar 20 menit pada tiap sisi.

"Selama 20 menit itu, lusinan gagasan akan timbul-tenggelam. Setiap memutar (rekaman itu) akan memberi pengalaman berbeda, kejutan, dan kesempatan untuk lebih mawas diri," tulis Eric dalam keterangan proyek ini.

Rekaman keheningan itu akan dicetak dalam piringan hitam 140gr. Pemilik dapat menikmati keheningan pada kecepatan putar 33?rpm dan untuk mendapatkan kejutan rahasia dapat memutarnya pada kecepatan 45rpm.

Piringan hitam ini dijual dengan harga USD20 atau sekitar Rp280 ribu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Proyek Piringan Hitam Tak Bersuara"

Post a Comment