Tips Memilih Komputer Murah Tapi Kualitas Top

Memilih komputer murah memang tidak semudah yang dibayangkan, karena nyatanya banyak aspek yang harus dicek lebih dulu. Komputer merupakan barang yang mudah rusak jika salah pilih atau tidak sesuai spek nya dengan pekerjaan berat anda.

Karena itulah ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika sedang memilih komputer, mari simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini:

5 Tips Memilih Komputer Murah

Salah satu contoh kompter

1. Cek RAM
Memilih komputer murah memang bagus, tetapi hal pertama yang harus anda cek adalah berapa RAM komputer tersebut. Jika anda ingin menggunakannya untuk keperluan yang cukup berat, seperti membuat program android misalnya, maka anda butuh RAM setidaknya 4 GB.

RAM 4 GB sudah bisa menampung kebutuhan anda tentunya, jadi memilih komputer murah dengan RAM segitu sudah bagus. Jika memang ingin membuat komputer rakit sendiri, tidak ada salahnya untuk membeli RAM yang lebih besar kalau budget nya ada.

2. Prosesor
Melihat prosesor dari komputer sangatlah penting, karena kecepatan suatu komputer sangat dipengaruhi oleh prosesor tersebut. Semakin tinggi jenis prosesornya, maka semakin bagus juga untuk anda dan cepat meski membuka program dalam jumlah banya sekaligus.

Prosesor yang bagus saat ini bisa core i5, core i7 dan terbaru sepertinya ada core i9 yang tentunya akan membuat komputer anda semakin cepat. Meskipun komputernya murah, anda bisa mencari spek nya yang bagus juga.

3. Merk
Setiap merk komputer tentunya punya kualitas masing-masing, meskipun spesifikasinya sama, tetapi kualitasnya belum tentu sama. Apalagi saat ini merk yang terkenal juga mempengaruhi, biasanya semakin terkenal, makin lebih mahal, tetapi juga kualitasnya bagus.

Jika anda mencari yang murah, cari tahu dulu bagaimana penggunaan komputer tersebut di mata orang lain. Jika memang kualitasnya juga bagus, anda bisa menggunakannya sebagai acuan dalam memilih merk komputer tersebut.

4. Baru vs Bekas
Tentu saja anda harus cek juga apakah komputer yang murah tersebut baru atau bekas? Mencari komputer murah memang tidak mudah. Anda harus memahami tentang komputer itu sendiri, jangan sampai salah karena komputer bekas dengan baru adalah beda.

Cek juga kondisi komputer tersebut merupakan komputer rakitan sendiri atau bukan? Karena kalau rakitan sendiri pastinya isi juga beda-beda sesuai keinginan orang yang membuatnya. Memang biasanya komputer rakitan akan lebih murah dari pada komputer yang bukan rakitan.

5. Hardisk
Hal yang tidak kalah penting adalah hardisk yang merupakan penyimpanan dalam komputer, jika anda butuh penyimpanan yang banyak, maka anda bisa menggunakan hardisk yang kapasitasnya besar. Misalnya saja hardisk 1 Tera, maka akan membuat anda merasa lebih mudah karena hardisk nya memiliki kapasitas penyimpanan yang banyak.

Anda bisa menyimpan banyak file dalam komputer murah tersebut, karena itulah mempertimbangkan komputer murah juga dari sepesifikasi yang dimiliki. Misalnya saja harga 10 juta akan terlihat murah jika itu adalah merk Apple hardisk 1 Tera dan core i7 dengan RAM 16 GB misalnya, tetapi akan terlalu mahal jika itu adalah komputer core i3 RAM 2 Gb dengan hardisk 300 Gb misalnya.

Bagaimana, apakah anda sudah tahu bagaimana tips memilih komputer murah tapi tidak murahan? Jika memang iya, silahkan cari tahu lebih dalam seperti apa kiranya komputer murah yang anda inginkan lebih dulu.

Karena itulah anda jangan sampai salah pilih jenis komputernya, karena akan membuat anda kebingungan nantinya. Yuk langsung saja pilih komputer anda sesuai budget dan spesifikasi yang anda butuhkan, terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Memilih Komputer Murah Tapi Kualitas Top"

Post a Comment