7 Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Saat Trimester Pertama

Pada saat trimester pertama adalah saat-saat yang sangat tidak mengenakkan bagi ibu hamil. Pasalnya, pada waktu tersebut ibu hamil sering mengalami rasa mual bahkan muntah. Oleh karena hal ini, banyak ibu hamil yang tidak bisa makan dengan nyaman. Jangankan makan dengan nyaman dan tenang, bisa minum serta makan sesuap nasi saja rasanya susah sekali. Kekhawatiran akan kurangnya kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil seringkali menghampiri. Jika memang rasa mual dan muntah sulit untuk diatasi, cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut guna memenuhi nutrisi ibu hamil dan juga janin selama masa kehamilan.

Buah-buahan untuk Nutrisi Ibu Hamil

1. Sering Makan Dengan Porsi Kecil
Rasanya tentu eneg jika makan dalam porsi banyak sekaligus? Apalagi jika rasa mual sedang melanda. Tidak perlu dipaksakan namun tetap upayakan agar bisa makan meski harus dengan porsi kecil atau sedikit. Lakukan sesering mungkin meski porsi makanan yang masuk ke dalam perut tidak banyak, setidaknya hal ini lebih bagus ketimbang tidak ada asupan gizi sama sekali.

2. Mengkonsumsi Jahe
Segelas jahe hangat mungkin saja dapat meredakan rasa mual saat awal kehamilan. Rasa pedas yang khas dari jahe memang dapat membuat tubuh jadi lebih segar, selain itu aroma jahe juga dapat merilekskan pikiran. Cobalah untuk mengkonsumsi minuman jahe alami hangat ketika rasa mual sulit diatasi.

3. Hindari Makanan Berlemak
Alasan mengapa ibu hamil sebaiknya menhindari makanan yang banyak mengandung lemak adalah karena lemak tidaklah terlalu dibutuhkan saat masa kehamilan, selain itu terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, kelebihan berat badan dan juga meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Atur Porsi Makan
Agar kebutuhan nutrisi ibu hamil selama kehamilan tetap terpenuhi, perlu mengatur menu makanan. Usahakan untuk menyediakan jenis makanan yang mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, asam folat, kalsium dan vitamin.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Memperbanyak minum air putih tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, tetapi juga mampu mengeluarkan racun serta memenuhi kebutuhan mineral. Konsumsi air putih hangat sebanyak mungkin serta pastikan air yang dikonsumsi aman, bersih dan bebas bakteri.

6. Ganti Cemilan Tidak Sehat Dengan Buah dan Sayur
Untuk mengurangi rasa lapar, ibu hamil mungkin mengkonsumsi cemilan. Namun, tetap perhatikan jenis cemilan yang dipilih, apakah sehat atau tidak? Jika memang ingin memenuhi nutrisi ibu hamil, ada baiknya mengganti jenis cemilan yaitu dengan buah dan sayur. Tidak harus dengan cara mengkonsumsi buah secara langsung, ibu hamil bisa mengolahnya menjadi jus buah yang segar guna mengurangi rasa mual atau membuat salad buah dan sayur yang nikmat.

7. Mengkonsumsi Jenis Makanan Yang Diinginkan
Percaya atau tidak, ngidam memang dirasakan oleh sebagian besar ibu hamil. Saat ngidam, biasanya ibu hamil akan meminta makanan tertentu untuk dikonsumsi. Jika makanan yang diminta tidak berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin serta mudah untuk ditemukan, tidak ada salahnya untuk memenuhi permintaan tersebut. Makanan yang memang diinginkan oleh ibu hamil, seringkali lebih mudah dikonsumsi dan masuk ke dalam perut.

Nah, itu tadi 7 tips atau cara bagaimana memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil saat berada dalam kondisi sering mual. Semoga saja informasi tadi bermanfaat ya… Tetap semangat dan jaga kesehatan meski sedang hamil!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Saat Trimester Pertama"

Post a Comment