Jenis-jenis Keluhan yang Bisa Diketahui Penyebabnya dengan Pemeriksaan Endoskopi

Saat tubuh terserang penyakit umumnya memang akan menunjukkan berbagai macam gejala dan pastinya butuh untuk segera dilakukan pengobatan, sehingga nantinya mendapatkan kesembuhan. Beragam jenis pengobatan juga ditawarkan kepada pasien, umumnya dengan melihat kondisinya terlebih dahulu. Apakah cukup dengan diberikan pengobatan secara oral, atau mungkin sampai harus dilakukan tindakan pembedahan. Hal ini akan diketahui setelah melalui hasil pemeriksaan ke dokter. Jika seandainya penyakit yang diderita tersebut berhubungan dengan bagian dalam, maka akan dilakukan pemeriksaan endoskopi.

Penyebabnya dengan Pemeriksaan Endoskopi

Ini adalah jenis pemeriksaan yang tujuannya adalah untuk melihat kondisi organ tubuh tertentu secara visual alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan ini dikenal dengan nama endoskop. Selain ditujukan untuk kebutuhan pemeriksaan, memang alat yang satu ini nantinya juga akan dipakai sebagai sarana untuk melakukan pengobatan. Karena memang pada dasarnya alat yang satu ini memiliki bentuk kecil yang dipasangkan dengan sebuah kamera, sehingga dapat digunakan melihat secara visual bentuk organ yang bermasalah tersebut lewat sebuah layar monitor.

Sesuai dengan organ tubuh yang diamatinya, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya endoskopi ini juga terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah:

1. Atroskopi, ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengamati bagian yang ada di dalam sendi.
2. Bronskopi, digunakan sebagai sarana untuk mengamati bronkus, saluran yang berhubungan dengan pernapasan menuju kedalam paru-paru.
3. Konoskopi, dipakai sebagai sarana di dalam mengamati kondisi usus besar yang ada di dalam tubuh.
4. Eteroskopi, ini juga masih digunakan untuk mengamati bagian organ tubuh yaitu usus, hanya saja pada usus halus.
5. Gatroskopi, dipakai sebagai sarana di dalam mengamati bagian kerongkongan atau esofagus, lambung hingga dipakai untuk mengamati bagian usus duabelas jari.
6. Hiteroskopi, dilakukan pengamatan ke bagian rahim atau uterus.
7. Laparoskopi, sebagai sarana untuk mengalami organ bagian dalam, seperti diantaranya adalah rongga perut maupun panggul.
8. Mediastinoskopi, sebagai media untuk mengamati bagian di dalam rongga tubuh.
9. Laringoskopi, dipakai untuk mengamati bagian laring atau pita suara.
10. Ureteroskopi, mengamati bagian ureter, yaitu sebuah saluran urine yang ada di bagian ginjal menuju ke bagian kandung kemih..

Beberapa jenis keluhan atau masalah kesehatan semacam inilah yang nantinya akan dilakukan tindak pemeriksaan dengan menggunakan endoskop, diantaranya adalah:

1. Keluhan yang terjadi pada saluran pencernaan, seperti biasanya beberapa orang yang mengalami kesulitan di dalam buang air besar, kemudian juga rasa nyeri pada bagian perut, berat badan menurun secara gratis hingga rasa panas yang ada di bagian ulu hati.
2. Mengalami batuk darah atau batuk yang kondisinya sudah sangat kronis.
3. Keluhan yang terjadi pada bagian saluran kemih, layaknya mengompol ataupun juga buang air besar disertai dengan darah.
4. Wanita yang mengalami keguguran berulang kali atau pendarahan yang terjadi pada bagian, padahal sedang tidak mengalami menstruasi.

Jadi jika seandainya kondisi-kondisi diatas yang menjadi keluhan maka biasanya akan dilakukan tindak endoskopi. Prosedurnya sendiri terbilang cukup cepat biasanya mulai dari 13 menit sampai dengan paling lama memakan waktu hingga 5 jam, namun tetap layaknya menjalankan sebuah operasi kecil. Setelah dilakukan tindakan medis yang satu ini, maka nantinya akan diketahui masalah kesehatan seperti apa yang terjadi di dalam tubuh. Banyak diantara rumah sakit besar yang sudah dibekali dengan fasilitas ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-jenis Keluhan yang Bisa Diketahui Penyebabnya dengan Pemeriksaan Endoskopi"

Post a Comment